Minggu, 14 Juni 2015

HAKIKAT WACANA BI

Pengertian Wacana

Istilah wacana berasal dari bahasa sansakerta wac/wak/vak, artinya berkata berucap (Douglas, 1976:262). Menurut Webster wacana diartikan sebagai ucapan lisan dan dapat juga berupa tulisan, tetapi persyaratannya harus dalam satu rangkaian (connected) dan dibentuk oleh lebih dari sebuah kalimat. Menurut Tarigan (dalam Djajasudarma, 1994:5), wacana adalah satuan bahasa terlengkap dan tertinggi atau terbesar di atas kalimat  atau klausa dengan koherensi dan kohesi tinggi yang berkesinambungan, yang mampu mempunyai awal dan akhir yang nyata. Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa wacana merupakan satuan bahasa yang lengkap dan disusun secara teratur dan membentuk suatu makna.
Wacana menurut Harimurti Kridalaksana (Kamus Linguistik, 2011: ) yaitu satuan satuan bahasa terlengkap, yang dalam hirarki kebahasaan merupakan satuan gramatikal tertinggi, dan terbesar.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa, wacana adalah satuan gramatikal yang merupakan tataran linguistik tertinggi. Atau dapat dikatakan bahwa, wacana adalah satuan bahasa yang utuh dan mencakup satu kesatuan yang saling berhubungan secara padu, baik berupa wacana lisan maupun tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar